Minggu, 22 Oktober 2017

Poso Gelar `fun-bike` Pertama Pascakerusuhan

id balapsepeda, poso
Poso Gelar `fun-bike` Pertama Pascakerusuhan
Sedikitnya 1.000 peserta yang terdiri atas anggota TNI, Polri, aparatur sipil negara (ASN) dan masyarakat umum, mengikuti sepeda gembira (fun-bike) 15 kilometer, memeriahkan HUT ke-72 TNI di Poso, Sabtu (30/9) dan merupakan fun-bike pertama pascakerusuhan Poso tahun 2000. (tniad.mil.id)
Kami mau memasyarakatkan kembali `fun-bike` yang sudah lama hilang setelah konflik horizontal hampir 20 tahun silam
Poso,  (antarasulteng.com) - Sedikitnya 1.000 peserta yang terdiri atas anggota TNI, Polri, aparatur sipil negara (ASN) dan masyarakat umum, mengikuti sepeda gembira (fun-bike) 15 kilometer, memeriahkan HUT ke-72 TNI di Poso, Sabtu (30/9) dan merupakan fun-bike pertama pascakerusuhan Poso tahun 2000.

"Kami mau memasyarakatkan kembali `fun-bike` yang sudah lama hilang setelah konflik horizontal hampir 20 tahun silam," kata Dandim Poso Letkol Inf Dody Trio Hadi di sela kegiatan itu.

Bupati Poso sendiri Darmin Agustinus Sigilipu saat diberi kesempatan memberikan sambutan pada pelepasan peserta fun-bike tersebut, mencanangkan hari itu sebagai `Hari Bersepada` di Kota Poso dan selanjutnya akan digelar secara rutin.

Dandim Poso Dody Trio Hadi mengatakan bahwa kegiatan bersepada gembira ini untuk memasyarakatkan kembali olahraga bersepeda di Kabupaten Poso yang hilang pascakerusuhan dan ini adalah yang pertama kalinya dilaksanakan kembali pascakerusuhan pada tahun 2000.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk menyongsong iven nasional balap sepeda wisata Tour de Central Celebes(TDCC) 2017 agar masyarakat di seluruh Indonesia, khususnya penggemar olahraga bersepeda mengetahui bahwa Poso telah aman dan kondusif serta siap untuk melaksanakan iven itu.

"Yang terpenting, kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi, kebersamaan dan kekompakan antara TNI dengan Masyarakat Poso," ujarnya.

Bupati Poso dalam sambutannya menyatakan kegembiraannya atas dilaksanakannya kembali olahraga fun bike.

Menurut dia, hal ini sangat banyak manfaatnya bagi diri sendiri maupun untuk kebersamaan, karena bagi diri sendiri dapat menyehatkan jiwa dan raga dan secara kebersamaan dapat lebih mempererat kemanunggalan antara TNI, pemerintah daerah dan masyarakat.

Selain itu, even ini untuk mempercepat proses pembangunan di Kabupaten Poso, karena bila semua komponen ini bersatu maka pembangunan daerah akan berhasil lebih cepat dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Kegiatan fUN bike ini dalam rangka peringatan HUT ke-72 TNI tahun ini dicanangkan sebagai Hari Bersepeda di Kabupaten Poso," ungkap bupati mengakhiri sambutannya dan melepas peserta Fun Bike.

Kegiatan fun bike ini memperebutkan hadiah dan doorprize berupa 4 buah sepeda gunung, 3 buah mesin cuci,  1 buah tv LED 32 inch, 2 buah HP, 5 buah rice coocker, 5 buah kompor gas dan puluhan hadiah hiburan lainnya.

Selain fun-bike, HUT TNI di Poso juga ditandai dengan penanaman sejuta bibit pohon ebony atau kayu hitam yang merupakan pohon endemik Sulawesi Tengah khususnya di Kabupaten Poso dan Donggala, dan mempunyai harga yang mahal di pasar ekspor dan sangat disukai di Jepang. (skd) 

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga