Selasa, 17 Oktober 2017

Ribuan Warga Pedalaman Donggala Nikmati Listrik

id nasdem
 Ribuan Warga Pedalaman Donggala Nikmati Listrik
Peresmian jaringan listrik ke masyarakat di Kecamatan Riopakava Kabupaten Donggala, Senin 2/10 (Ist)

Donggala, (Antarasulteng.com) - Ribuan warga dari berbagai desa di Kecamatan Riopakava, wilayah pedalaman Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, bergembira karena listrik PLN sudah masuk masuk ke desa mereka.

"Empat ribuan warga masyarakat menyambut secara sukacita peresmian jaringan listrik masuk di Kecamatan Riopakava," ungkap Wakil Ketua Komisi III DPRD Sulteng Muhammad Masykur di Palu, Selasa.

Peresmian jaringan listrik ini sebagai yang pertama kali wilayah tersebut diterangi listrik setelah puluhan tahun merasakan gelap.

Peresmian ini dilaksanakan di lapangan Kento Kecamatan Riopakava, Desa Lalundu, sekitar 180 km dari Kota Palu, Senin (2/10).

Masykur menyebut seremoni peresmian jaringan listrik ini dihadiri General Manager PLN Wilayah Suluttenggo Edison Sipahutar, Bupati Donggala Kasman Lassa, Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Sulteng Muhammad Masykur, anggota DPRD Donggala Sahlan L Tandamusu.

Muhammad Masykur menyampaikan apresiasinya kepada jajaran PLN Cabang Palu yang sudah menjawab penantian panjang warga di Kecamatan Riopakava.

"Ini kado istimewa di HUT ke-72 Mekerdekaan RI bagi warga masyarakat Kecamatan Riopakava sebab selama puluhan tahun warga yang berdomisili di wilayah ini hidup dalam kondisi gelap gulita, tanpa dukungan penerangan yang memadai. Jikalaupun ada, itupun hanya pada rumah-rumah tertentu dengan menggunakan genset," kata Masykur.

Ketua Fraksi Nasdem DPRD Sulteng ini menguraikan siapapun yang pernah masuk wilayah Riopakava pasti merasa miris. Pasalnya, wilayah ini memiliki kekayaan alam yang luar biasa, tanahnya yang subur dan menjadi surga bagi para investor kelapa sawit.

Menurut dia, PT. Astra Agro Lestari (AAL), salah satu raksasa perkebunan kelapa sawit, yang paling menuai keuntungan investasi di wilayah Riopakava dan sekitarnya namun sempat keberatan untuk melepaskan ratusan pohon kelapa sawit untuk dilintasi jaringan listrik PLN untuk melayani masyarakat.

Sementara itu General Manager PLN Wilayah Suluttenggo Edison Sipahutar menyampaikan peresmian jaringan listrik di Kecamatan Riopakava merupakan komitmen PLN untuk melistriki semua desa.

Sebagai tahap awal, sebanyak tujuh desa yang akan menikmati penerangan yakni Desa Rio Mukti, Lalundu, Pantalobete, Polando, Minti Makmur, Polanto Jaya dan Bukit Indah.

Pada 2017 ini PLN juga akan memasang jaringan di Desa Bonemarawa, Mbulava, Ngovi Pakava dan Panca Mukti dan pada 2018, melistriki Desa Pakava, Taviora dan Tinauka sehingga tahun depan PLN sudah melistriki semua desa di Kecamatan Riopakava, kata Edison.

Editor: Anas Masa

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga