Minggu, 22 Oktober 2017

HUT TNI di Sulteng dipusatkan di Poso

id Poso
HUT TNI di Sulteng dipusatkan di Poso
Sejumlah prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Tinombala mengikuti Apel Purna Tugas belum lama ini. (ANTARASulteng/Mohamad Hamzah/17.)
Mayor Inf. Dedy: untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Poso sudah aman dan tenteram
Poso (Antarasulteng.com) - Peringatan HUT ke-72 TNI 5 Oktober 2017 tingkat Provinsi Sulawesi Tengah akan dipusatkan di Kabupaten Poso yang saat ini menjadi lokasi operasi Satgas Tinombala yang melibatkan ribuan personel Polri dan TNI.

Kepala Penerangan Korem 132 Tadulako, Mayor Dedy Afrizal, dihubungi dari Palu, Selasa mengatakan pelaksanaan kegiatan di Poso tersebut untuk menunjukan kepada masyarakat luar bahwa Kabupaten Poso telah aman dan tentram.

"Kenapa dipusatkan di Poso, untuk menunjukkan bahwa Kabupaten Poso, saat ini telah aman dan tenteram. Masyarakat luar tidak perlu takut lagi seperti kabar yang terdengar sebelumnya," kata Dedy.

Upacara puncak pada 5 Oktober yang akan dilaksanakan di Lapangan Sintuwu Maroso Kota Poso itu juga akan dihadiri sebanyak 3.000 personel gabungan TNI dan Polri.

Pasukan tersebut merupakan gabungan dari AU, AD, dan AL, Kepolisian, pasukan Satgas Operasi Tinombala, unsur Pemkab Poso, Pramuka, Sat Pol-PP serta undangan lainya.

Upacara juga akan diramaikan dengan berbagai atraksi seperti aksi beladiri, drama kolosal tentang perjuangan Jenderal Sudirman dan Pembebasan Sandera Teroris oleh Tim Kopasus.

Bupati Poso Darmin Sigilipu yang juga purnawirawan Marinir TNI AL itu akan bertindak sebagai inspektur upacara.

Dedy mengatakan sebelum upacara dimulai, akan dilakukan parade dan defile dan sesudah upacara akan diramaikan dengan parade kendaraan yang diikuti tank dan sejumlah alat perang serta diikuti kendaraan dinas Pemkab Poso. Pada puncak acara malam hari masyarakat akan dihibur dengan panggung hiburan dari artis dari Jakarta.

Pemantauan di lokasi upacara, persiapan sudah semakin matang. Latihan telah dimulai sejak 3 Oktober dan sejumlah tenda telah disiapkan.

Pada HUT TNI itu, sejumlah kegiatan kemasyarakatan sebelumnya telah dilakukan seperti khitanan gratis di Rumah Sakit TNI Poso, Funbike untuk menyuseskan kegiatan Tour de Central Celebes (TDCC) dan penanaman sejuta pohon kayu eboni.

Penanaman pohon tersebut sekaligus untuk mempromosikan Kabupaten Poso sebagai penghasil kayu hitam.

"Setelah upacara akan dilaksanakan pengobatan gratis lagi," kata Dedi.

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga