Selasa, 17 Oktober 2017

Nasdem Harap Polisi Usut Pengrusakan Bendera

id nasdem
Nasdem Harap Polisi Usut Pengrusakan Bendera
Partai Nasdem (antaranews)
Palu,  (antarasulteng.com) - Ketua Badan Advokasi Hukum (Bahu) Partai NasDem Kota Palu Sunardi Katili berharap kepolisian terus mengusut pengrusakan bendera Partai NasDem beberapa waktu lalu karena hingga kini belum ada titik terang siapa pelaku dan motifnya.

"Saat itu memang tidak ada saksi yang melihat langsung kejadian, sehingga agak menyulitkan pihak kepolisian melakukan penyelidikan," katanya kepada sejumlah jurnalis di Sekertariat Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Palu, Senin.

Sunardi menjelaskan pihaknya juga akan berupaya untuk membantu pihak kepolisian dengan membawa saksi tambahan, sesuai permintaan penyidik dari Polres Palu. Pihaknya juga meminta kader dan simpatisan partai, untuk membantu dalam penyelesaian kasus tersebut.

"Saat ini, baru tiga saksi diperiksa, termasuk salah satunya saksi pelapor," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Nasdem Palu Barat Hafid mengatakan pihaknya masih berupaya menghadirkan salah seorang saksi, yang melihat kejadian tersebut. Saksi itu merupakan warga di sekitar lokasi kejadian, yang masih ragu untuk memberikan keterangan, karena terkait jaminan keamanan.

"Ada seorang ibu yang melihat kejadian, dengan dua orang pelaku menggunakan sepeda motor," kata Hafid yang juga saksi pelapor.

Terkait motif pengrusakan, kata Hafid, pihaknya menduga adanya intervensi dari salah satu petinggi partai besar di Kota Palu.

Alasannya, seminggu sebelum kejadian, ada penganiayaan yang dilakukan ketua rukun tetangga (RT) setempat terhadap ketua dewan pimpinan ranting Nasdem Kelurahan Kamonji, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu.

Sebelumnya DPW Partai Nasdem Kota Palu, melaporkan kasus pengrusakan atribut partai politik tersebut oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab ke Polres Palu, Senin (11/9) .

Pengrusakan itu diduga terjadi pada Senin (11/9) dini hari atau sekitar pukul 03.00 Wita. Bendera Partai NasDem tersebut dipasang dalam rangka menyambut HUT ke-72 Kemerdekaan RI.

Ratusan bendera itu terpasang di sepanjang Jalan Tolambu, Kelurahan Donggala Kodi, Kota Palu, dirusak orang tidak dikenal.

Sekretaris DPW Partai NasDem Sulawesi Tengah, Muslimun sangat menyayangkan peristiwa pengrusakan atribut partai-nya.

Dia menyakini pengurusakan ini sangat berbau politis karena itu ia berharap aparat kepolisian dapat mengusut dengan tuntas kasus tersebut. (skd) 

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga