Minggu, 22 Oktober 2017

Gubernur Ajak Masyarakat Bekerja Lebih Giat

id longki
Gubernur Ajak Masyarakat Bekerja Lebih Giat
Gubenrur Sulteng Longki Djanggola (Antarasulteng.com/Humas Pemprov)
Palu,  (antarasulteng.com) - Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola mengajak seluruh komponen masyarakat di daerahnya agar bekerja lebih giat untuk memajukan pangan di daerah itu.

"Mari kita bekerja lebih giat lagi mewujudkan kedaulatan, kemandirian dan ketahanan pangan menuju Provinsi Sulawesi Tengah yang maju, mandiri dan berdaya saing," kata Gubernur diwakili Sekretaris Daerah Hidayat Lamakarate pada peringatan Hari Pangan se-Dunia ke 37 tingkat provinsi di Palu, Rabu.

Peringatan Hari Pangan sedunia kali ini dipusatkan di Kota Palu dan diikuti 13 kabupaten/kota se-Sulawesi Tengah dan akan berlangsung hingga 14 Oktober 2017.

Gubernur mengatakan peringatan Hari Pangan se-Dunia digelar untuk menguatkan peran generasi muda dalam pembangunan sektor pertanian.

Menurut Hidayat, jika generasi muda sebagai kader pangan digerakkan dengan baik, dipastikan akan membantu menyelesaikan berbagai masalah di pedesaan khususnya di daerah-daerah basis pertanian.

Selain itu, kata Hidayat, peran generasi muda juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat dan itu semua harus dipersiapkan di perdesaan.

Peran tersebut antara lain membangun dan memperbaiki infrastruktur pertanian di perdesaan, meningkatkan kapasitas sumber daya manusia yang baik serta mendorong kebijakan dan regulasi yang tepat terutama kaitannya dengan kepastian mendapat lapangan kerja yang sesuai.

Menurut gubernur, peringatan Hari Pangan se-Dunia juga untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat dan pihak terkait terhadap pentingnya penyediaan pangan yang cukup dan bergizi bagi masyarakat Sulawesi Tengah.

Selain itu juga meningkatkan kesadaran serta perhatian masyarakat akan pentingnya penanganan masalah pangan baik di tingkat global, regional khususnya di tingkat nasional.

"Hari Pangan se-Dunia ini juga memperkokoh solidaritas antardaerah dalam usaha memberantas kekurangan pangan dan gizi yang masih dialami oleh sebagian penduduk terutama di Provinsi Sulawesi Tengah," katanya.

Peringatan Hari Pangan sedunia menyajikan sejumlah produk pangan lokal yang dipamerkan oleh setiap kabupaten/kota di provinsi itu.

Selain pameran juga digelar lomba cipta menu lokal tingkat provinsi berbahan baku komoditas hasil pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan.

Peserta terbaik pada lomba tersebut akan mewakili Sulawesi Tengah ke lomba cipta menu tingkat nasional.(skd) 

Editor: Adha Nadjemudin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga