Senin, 23 Oktober 2017

Bupati Optimis Sigi Jadi Central Benih Pertanian

id irwan
Bupati Optimis Sigi Jadi Central Benih Pertanian
Bupati Sigi, Irwan Lapata (portalsulawesi.com)
Daerah ini memiliki kekayaan sumber daya alam yang sangat besar. Tanah yang subur menjadi kekuatan utama menjadikan Sigi sebagai central benih pertanian
Sigi, Sulawesi Tengah,  (antarasulteng.com) - Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta merasa optimis kabupaten yang dipimpinnya akan menjadi daerah pusat benih pertanian.

"Daerah ini memiliki kekayaan sumber daya alam yang sangat besar. Tanah yang subur menjadi kekuatan utama menjadikan Sigi sebagai central benih pertanian," kata Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta, Jumat.

Kata Irwan Lapatta, pemerintah Kabupaten Sigi terus berupaya mengembangkan pertanian menjadi kekuatan utama daerah tersebut.

Hal itu juga sebagai upaya untuk peningkatan kebutuhan terhadap sandang dan pangan, yang tidak hanya dikonsumsi oleh masyarakat Kabupaten Sigi, tetapi juga masyarakat di daerah lain di Sulteng.

"Upaya-upaya untuk meningkatkan pertanian meliputi padi, jagung, kedelai, dan sebagainya terus menjadi fokus pemerintah dalam pengembangan pertanian," katanya.

Ia menyebut bahwa program pemerintah untuk peningkatan pertanian yaitu Sigi hijau dan Sigi masagena serta upaya mendorong reformasi agraria.

"Reformasi agraria yakni mendorong atau memberikan ruang kepada masyarakat untuk mengelola sumber daya alam," ujarnya.

Saat ini, urai dia, Pemkab Sigi telah membuat beberapa titik balai benih pertanian, untuk menjaga kulitas dan pengembangan pertanian.

"Pusat-pusat balai benih jagung telah kami buat seperti di Kecamatan Palolo, Kecamatan Dolo dan beberapa kecamatan lainnya di Sigi telah memiliki balai benih," urainya. (skd) 

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga