Valverde puji Messi kompetitif selamanya

id messi

Valverde puji Messi kompetitif selamanya

Pemain Barcelona Lionel Messi. (REUTERS/Javier Barbancho )

Barcelona (antarasulteng.com) - Pelatih Barcelona Ernesto Valverde menyampaikan sanjungan kepada "daya kompetitif permanen" Lionel Messi setelah pemain terbaik dunia lima kali itu mengantarkan Argentina ke Piala Dunia tahun depan lewat hatrik melawan Ekuador Selasa silam.

Messi menjadi pemain paling subur Barcelona selama musim ini dengan melesakkan 11 gol pada tujuh pertandingan La Liga dan 14 gol pada segala kompetisi.

Sabtu ini dia akan menghadapi salah satu lawan favoritnya pada diri Atletico Madrid. Melawan klub ini dia sudah mencetak 27 gol pada 34 pertandingan melawan Atletico. Barca sendiri berusaha memperpanjang rekor 100 persennya di liga selama musim ini.

Penampilan mempesona Messi di Quito Selasa lalu telah menjawab kritik terhadapnya di dalam negerinya yang menyebut dia tidak bisa mengulangi penampilan hebatnya di Barcelona saat bermain untuk Timnas Argentina.

Sebaliknya, Valverde menyatakan tak ada seorang pun di Barca yang meragukan kemampuan sang pencetak gol terbanyak sepanjang masa klub ini.

"Messi selalu melakukan apa yang dia telah lakukan pada hari itu (di Ekuador) secara permanen dan kami semua sudah mengira dia akan melakukan hal itu dan ternyata dia melakukannya. Lebih dari itu saya terkesan kepada kebersaingan dia yang permanen dan tanggung jawab yang dipikul pundaknya," kata valverde seperti dikutip Reuters.

"Dia mampu menentukan setiap pertandingan menurut dia sendiri dan dia selalu mencoba melakukannya. Dia mengenakan predikat pemain terbaik di dunia tetapi dia tidak saja menyandangnya, dia membuktikannya setiap hari. Hal itu membawa level daya saing yang sangat besar."

Kendati Messi punya rekor gol hebat selama melawan Atletico, Valverde tak mau meremehkan tim asuhan Diego Simeone itu. Barca membidik kemenangan kedelapan mereka di La Liga dan berusaha mempertahankan keunggulan lima poin di puncak klasemen.

"Mereka adalah salah satu tim yang sukar dijebol," kata Valverde. "Jika mereka yang lebih dulu mencetak gol, maka itu akan sangat menyulitkan kami untuk bangkit." (skd)