Warga Desak Pemkot Palu Perbaiki Tanggul Jebol

id tanggul

Ada beberapa titik tanggulnya sudah ambruk diterjang banjir
Palu,  (antarasulteng.com) - Sejumlah warga yang bermukim di pinggiran Sungai Laoswani Palu, Sulawesi Tengah mendesak Pemkot setempat segera memperbaiki tanggul jebol akibat dihantam banjir pekan lalu.

"Ada beberapa titik tanggulnya sudah ambruk diterjang banjir," kaya Ny Marhuce, seorang warga yang tinggal di bantaran sungai di wilayah Palu Selatan, Senin.

Ia mengatakan termasuk tanggul pengaman yang dibangun di wilayah itu ada beberapa titik yang sudah jebol saat banjir pada Kamis (12/10) dan Sabtu (14/10) 2017.

Beberapa rumah di wilayah tersebut, kini terancam ambruk karena terkikis banjir menyusul tanggul pengaman yang dibangun Pemkot Palu beberapa waktu lalu jebol diterjang banjir.

Menurut dia, jika terjadi kembali banjir, banyak rumah warga di wilayah tersebut akan ambruk karena tannggul pengaman sungai sudah jebol.

Desakan senada juga disampaikan Ny Wati, warga di Kelurahan Tatura Utara. Ia mengaku rumahnya kini terancam karena tanggul sudah roboh diterjang banjir.

Dia juga mendesak Pemkot Palu segera memperbaiki kembali tanggul yang jebol akibat dihantam banjir pekan lalu itu.

Untuk sementara ini, katanya, beberapa warga yang rumahnya berada di bantaran sungai mengantisipasi banjir dengan membuah tanggul pengaman sementara dengan menggunakan pasir diisi dalam karung.

Dalam beberapa hari ini, warga secara gotong royong mengisi pasir di karung, lalu kemudian meletakannya di sejumlah titik yang tanggulnya jebol karena banjir.

Sungai Laoswani merupakan salah satu dari beberapa anak sungai yang setiap musim hujan banjir dan airnya sering meluap ke permukiman pendidik di beberapa wilayah.

Sungai tersebut saat musim panas seringkali menjadi kering. "Tapi saat hujan deras mengguyur Kota Palu tiba-tiba banjir mengamuk," kata Wati yang sudah puluhan tahun bermukim di bantaran sungai itu.

Mereka sangat berharap mendapat perhatian dari Pemkot Palu, mengingat di sepanjang daerah aliran sungai sangat padat dengan rumah-rumah penduduk. (skd)