BPBD Donggala Bentuk Juru Bencana 35 Desa

id bpbd

BPBD Donggala Bentuk Juru Bencana 35 Desa

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (antaranews)

Donggala, Sulawesi Tengah,  (antarasulteng.com) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, membentuk juru bencana di setiap desa untuk mengurangai dampak atas resiko bencana yang terjadi.

Kepala BPBD Donggala Akris Fattah Yunus menyatakan saat ini pihaknya telah menyediakan 35 kader penanggulangan bencana yang di tempatkan di 35 desa.

"Iya, saat ini kader penanggulangan yang telah terbentuk baru berjumlah 35 orang di tempat di 35 desa," ungkap Akris Fattah, Selasa.

Kata Akris Fattah 35 kader juru bencana tersebut di bentuk sebagai perpanjangan tangan pemerintah di masyarakat.

Mereka, sebut dia betugas untuk menyampaikan informasi perkembangan cuaca dan kebencanaan kepada masyarakat agar selalu siaga.

"Mereka ini ujung tombak dari BPBD yang bertugas untuk memberikan informasi mengenai cuaca dan sebagainya kepada masyarakat," sebutnya.

Ia menyebut BPBD telah melatih 35 kader juru bencana tersebut untuk peningkatan kapasitas dan siaga bencana, ketika bencana terjadi di daerah.

Juru bencana, urai dia di berikan informasi perkembangan cuaca dari BMKG kerjasama BPBD yang langsung di terima oleh juru bencana lewat handphone.

"Informasi yang mereka terima lewat sms dari BMKG akan menjadi acuan mereka bertindak di masyarakat. Informasi tersebut juga mereka tindak lanjuti dengan menyampaikan langsung ke masyarakat," terangnya. (skd)