Pemkot Palu Siapkan Kuliner Tradisional Peserta TDCC

id kaledo

Pemkot Palu Siapkan Kuliner Tradisional Peserta TDCC

Makanan khas Palu, Kaledo (saungaunga)

Palu,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah menyiapkan berbagai kuliner tradisional untuk menjamu para peserta sepeda wisata internasional bertajuk Tour de Central Celebes (TDCC) 2017.

"Kita akan menjamu semua peserta dan tamu yang akan mengikuti TDCC," kata Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Palu Arsid Nurdin di Palu, Sabtu.

Ia mengatakan Wali Kota Palu Hudayat telah menyiapkan lokasi khusus untuk tempat makan malam para peserta di "Kampung Kaili" yang terletak di kawasan Pantai Talise, Kecamatan Palu Timur.

Di lokasi itu, kata dia, sebelumnya telah dibangun "soki-soki" (pondok) yang semua bahannya menggunakan bahan baku tradisional, seperti bambu, rotan, dan atap sagu.

Sebanyak 46 "soki-soki" dibangun dalam rangka pelaksanaan Pesona Palu Namoni (PPN) dan Pekan Budaya Indonesia (PBI) berlangsung 22-28 September 2017.

Arsid menambahkan semua menu yang akan dihadirkan dalam menyambut peserta TDCC yang akan berlangsung mulai 6-8 November 2017 tersebut, seluruhnya menu tradisional.

Pemkot Palu akan memperkenalkan berbagai kuliner tradisional kepada peserta yang kebanyakan datang dari berbagai negara di dunia.

"Kita berharap melalui kegiatan ini akan semakin banyak wisatawan mancanegara berkunjung ke Sulteng, termasuk Kota Palu," kata mantan Kepala SMP Negeri 2 Palu itu.

Gubernur Sulteng Longki Djanggola dalam setiap kali pertemuan meminta semua pihak, termasuk masyarakat di daerahnya, ikut menysukseskan kegiatan tersebut.

"Kegiatan ini merupakan pertama kali digelar Pemprov Sulteng," katanya.

Karena peserta banyak melibatkan orang asing, maka sebagai tuan rumah penyelenggara, pemerintah dan masyarakat Sulteng harus menjaga keamanan, kenyamanan, dan keselamatan para peserta.

Semua pihak terkait, termasuk jajaran Dinas Perhubungan dan Kepolisian di empat daerah, yakni Kabupaten Poso, Parigi Muotong, Kota Palu, Sigi, dan Kabupaten Tojo-Una-Una sebagai tempat finish, diminta mengamankan jalur-jalur yang akan dilewati peserta TDCC. (skd)