TdCC Tempuh Jarak 486,9 Kilometer

id tdcc

TdCC Tempuh Jarak 486,9 Kilometer

ILustrasi--Sejumlah pebalap sepeda beradu kecepatan pada etape ketiga Tour de Singkarak 2016 di Pasaman, Sumatera Barat, Senin (8/8/2016). (ANTARA/Hafidz Mubarak A)

Palu,  (antarasulteng.com) - Lomba balap sepeda wisata internasional bertajuk Tour de Central Celebes (TDCC) 6-8 November 2017, akan menempuh jarak sepanjang 486,9 kilometer, dibagi dalam tiga etape (stage) mulai dari Kota Ampana, Kabupaten Tojo Unauna sampai Kota Palu.

Pada setiap akhir etape, kata Kepala Biro Humas Pemprov Sulteng Ridwan Mumu di Palu, Minggu, para peserta lomba akan menikmati keindahan alam, seni budaya dan kuliner di kawasan wisata unggulan provinsi ini.

Ia menjelaskan bahwa Gubernur Sulteng Longki Djanggola akan memimpin langsung survey akhir seluruh lintasan yang akan dilewati para pebalap pada Senin (23/10) untuk mengetahui hal-hal apa dan di titik mana rute yang masih memerlukan penyempurnaan lintasan.

TDCC yang digelar pertama kali atas idee Gubernur Longki Djanggola itu akan melintasi empat kabupaten yakni Tojo Unauna, Poso, Parigi Moutong dan Sigi serta Kota Palu yang semuanya adalah obyek wisata unggulan Sulteng.

Pemerintah daerah masing-masing kabupaten/kota, kata Ridwan, telah menyiapkan atraksi seni, budaya dan kuliner untuk dinikmati para peserta lomba yang sebagian besar adalah warga negara asing, sebab di setiap daerah, para peserta akan menginap satu malam.

"Ya, TDCC ini memang digelar dengan maksud promosi dan penjualan obyek-obyek wisata. Kita berharap dunia akan semakin mengenal keindahan Sulteng pasca-TDCC, sehingga ke depan, kunjungan wisatawan mancanegara akan lebih tinggi lagi," katanya.

Sementara itu Mustajab Moezahar dari Sekretariat Panitia TDCC mengemukakan, etape pertama TDCC berjarak 198 km dari Ampana ke Danau Poso.

Para pebalap akan dilepas Menteri Pariwisata di Kota Ampana pada 6 November 2017 pukul 10.00 wita dan diperkirakan tiba di Tentena, tepian Danau Poso pukul 14.40 Wita.

Setelah semalam menikmati keindahan Danau Poso dan Festival Danau Poso, para pebalap akan memulai Etape II dari Kota Poso ke Parigi sepanjang 135,6 kilometer. Mereka akan dilepas Menpora pada pukul 09.00 dan dijadwalkan fisins di Kota Parigi pukul 12.02 Wita.

Para peserta yang diperkirakan berjumlah 120-an pebalap dimana sebagian besar adalah pebalap dari 29 negara itu, akan menikmati penampilan seni, budaya dna kuliner tradisional masyarakat di Teluk Tomini.

Sedangkan etape III dari Kota Parigi menuju Kabupaten Sigi dan Kota Palu sepanjang 153,3 kilometer, start pukul 12.00 Wita di Parigi dan finish di Kota Palu, depan Kantor Gubernur Sulteng pukul 15.34 Wita.

"Khusus dalam Kota Palu, para pebalap akan memutar sebanyak enam kali pada rute yang ditetapkan dengan total panjang 33 kilometer, menyusuri jalan-jalan utama dengan maksud agar sebanyak mungkin masyarakat ibu kota Provinsi Sulteng ini bisa menikmatinya," ujar Mustajab.

Ia menjelaskan bahwa hampir seluruh rute TDCC adalah ruas jalan nasional (trans Sulawesi) dan selama balapan berlangsung, arus lalulintas di ruas-ruas itu akan ditutup untuk kendaraan umum.

Terkait pendaftaran peserta, Mustajab mengatakan bahwa sampai saat ini, pendaftaran masih berlangsung namun panitia sudah menetapkan bahwa peserta dibagi dalam 10 tim pebalap mancanegara dan lima tim pebalap nasional dan lokal. Setisap tim terdiri atas lima sampai delapan orang. (skd)