Harga Buah Tomat Di Sentra Produksi Anjlok

id tomat

Harga Buah Tomat Di Sentra Produksi Anjlok

Ilustrasi (antara)

Palu,  (antarasulteng.com) - Harga buah tomat di sejumlah sentra produksi di Sulawesi Tengah kurun waktu sepekan terakhir ini anjlok sehingga sangat merugikan petani.

Subhan, salah seorang petani di Kabupaten Sigi, Minggu membenarkan harga tomat saat ini sangat murah dibandingkan harga sebelumnya.

Sekarang ini, kata dia, pedagang membeli langsung ke petani rata-rata Rp1.000/kg.

Padahal,petani di daerah itu sedang paneh raya tomat, namun kurang beruntung karena harganya anjlok.

Akibat harga anjlok, petani mengalami kerugian yang cukup besar, kata dia, tanpa merincinya.

Selain tomat, harga bawang merah juga turun. Sebelumnya harga bawang merah masih diatas Rp20.000/kg. Sekarang ini turun berkisar Rp12.000/kg.

Harga itu di tingkat petani. "Kalau di tingkat pengecer harga bawang merah dijual pedagang lebih tinggi yakni Rp14.000/kg," kata Subhan.

Hal senada juga disampaikan Bernadus, seorang petani di Kecamatan Lore Utara. Ia mengaku harga buah tomat di sentra produksi sekarang ini hanya berkisar Rp750 s/d Rp1.000/kg. Sebelumnya harga tomat di tingkat petani masih berkisar Rp6.000/kg.

Turunya harga tomat lebih dikarenakan produksi petani melimpah menyusul panen raya.

Begitu pula bawang merah juga turun dari sebelumnya mencapai Rp20.000/kg, kini menjadi Rp10.000/kg.

Selama ini, kata dia, kebanyakan pedagang membeli langsung ke petani dan dijual di Kota Palu dan sebagian lagi diantarpulaukan ke Kaltim untuk memenuhi kebutuhan pasaran di provinsi itu.

Para pedagang di Pasar Induk Tradisional Masomba Palu juga membenarkan harga buah tomat turun tajam. "Kami sekarang menjual buah tomat berkisar Rp2.000-Rp3.000/kg," kata Ny Yuyun, seorang pedagang sayuran di kawasan itu.

Sekarang ini, kata dia, tomat di pasar melimpah karena petani di Dataran Napu, Kabupaten Poso dan juga di Jonoge dan Sidera lagi panen raya.

Sementara, buah tomat tidak bisa disimpan lama. (skd)