Pemkot Palu Kumpulkan 27 Ekor Sapi Kurban

id PEMKOT, SAPI, KURBAN

Pemkot Palu Kumpulkan 27 Ekor Sapi Kurban

ILUSTRASI

Palu Pemerintah Kota Palu hingga Kamis, telah mengumpulkan 27 ekor sapi dan lima kambing untuk disembelih pada hari raya Idul Adha 1433 Hirjiah 2012.

"Jumlah itu kemungkinan besar masih akan bertambah," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemkot Palu Aspah, Kamis.

Ia mengatakan, ternak-ternak kurban itu merupakan sumbangan dari sejumlah Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) yang ada dilingkungan Pemkot Palu.

Dia mengaku belum semua SKPD memberikan bantuan ternak kurban.

Semua ternak yang telah terkumpul tersebut setelah disembeli akan disalurkan kepada masyarakat kurang mampu yang ada di ibu kota Provinsi Sulteng ini.

Sementara Hafid, seorang pejabat di bagian Kesejahteraan Sosial Pemkot Palu mengatakan lima dari 27 ekor sapi kurban akan disembelih di halaman Kantor Wali Kota Palu dan selebihnya di masing-masing kantor SKPD untuk dibagikan kepada warga miskin, termasuk para pegawai golongan satu.

Menurut dia, sebelum ternak-ternak itu disembelih dipastikan diperiksa terlebih dahulu oleh petugas kesehatan hewan Dinas Peternakan setempat.

Begitu pula sesudah disembelih daging ternak kuran tersebut akan diperiksa lagi petugas untuk memastikan bahwa daging sapi atau kambing layak dikonsumsi masyarakat.

Data Dinas Peternakan setempat menyebutkan guna memenuhi kebutuhan daging pada hari raya Idul Adha 2012 ini diperlukan sekitar 200-300 ekor ternak sapi.

Harga ternak sapi potong di pasaran saat ini berkisar Rp10 juta sampai Rp11 juta per ekor dan ternak kambing hingga Rp2 juta per ekor. (BK03)