Penduduk Gaza Membutuhkan Uluran Tangan Rakyat Indonesia

id Gaza, israel, hamas, palestina

Penduduk Gaza Membutuhkan Uluran Tangan Rakyat Indonesia

Ilustrasi-Kerusakan di Gaza akibat Serangan Israel (antaranews)

Indonesia itu salah satu negara dengan penduduk terbesar di dunia serta penduduk muslim terbesar dan dengan jumlah yang besar itu kita sangat mengharapkan dukungan materil untuk penduduk Palestina," ujarnya
Makassar, (antarasulteng.com) - Direktur Lembaga Kemanusiaan Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan, Izra Prasetya menyatakan jika doa dan keprihatinan untuk korban kemanusiaan di Jalur Gaza itu belum cukup karena dukungan materil juga sangat dibutuhkan.

"Indonesia itu salah satu negara dengan penduduk terbesar di dunia serta penduduk muslim terbesar dan dengan jumlah yang besar itu kita sangat mengharapkan dukungan materil untuk penduduk Palestina," ujarnya di Makassar, Rabu.

Ia mengatakan, krisis kemanusiaan akibat konflik di Jalur Gaza itu harus disikapi dengan berbagai macam alternatif dukungan selain doa dan keprihatinan.

Ia mencontohkan, dengan bantuan dukungan materil dari salah satu penduduk terbesar di dunia ini akan sangat membantu masyarakat Palestina di Jalur Gaza yang terkena dampak dari invasi militer tentara Zionis Israel.

Salah satu dampak besar yang diakibatkan dari konflik itu adalah dengan terputusnya akses pengiriman logistik yang merupakan kebutuhan dasar setiap individu ataupun masyarakat.

"Jadi sebenarnya ini bukan konflik agama tetapi sudah masuk kejahatan kemanusiaan dan buktinya sudah banyak demonstrasi dilakukan oleh masyarakat yang notabenenya bukan orang muslim, seperti yang terjadi di Hongkong, Jepang, Australia dan banyak lagi lainnya," katanya.

Maka dari itu, lanjut dia, salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mendukung masyarakat Palestina dengan memberikan bantuan materil untuk kelangsungan hidup masyarakatnya.

Apalagi sekarang ini, Dompet Dhuafa telah menjalin kerjasama dengan lembaga kemanusiaan lainnya dari belahan dunia dengan melembagakan aktifitas kemanusiaan berkaitan dengan distribusi makanan untuk masyarakat Palestina.

Salah satu cara yang ditempuh dalam melembagakan aktifitas kemanusiaan itu dengan membentuk Gaza Foodbank.

Tujuan dari Gaza Foodbank ini secara permanen akan mendistribusi makanan kepada masyarakat Gaza, baik di pengungsian, maupun di front line perjuangan.

"Tahun ini Dompet Dhuafa sudah melembagakan aktifitas kemanusiaannya dengan memasok makanan dari lembaga yang sudah dibentuk yaitu Gaza Foodbank. Dalam kelembagaan ini, kami akan menerima semua lembaga kemanusiaan untuk membantu masyarakat Gaza, baik di pengungsian, maupun di front line perjuangan," tegasnya.(KR-MH/SKD)