DPRD Akan Undang Kepala Daerah Bahas Konflik

id Dprd, bupati, walikota

DPRD Akan Undang Kepala Daerah Bahas Konflik

Ilustrasi- DPRD Provinsi Sulawesi Tengah (Antaranews.com)

Palu, (antarasulteng.com) - DPRD Sulawesi Tengah akan mengundang para bupati dan walikota untuk membahas penyelesaian konflik antarwarga yang tidak kunjung berakhir.

"Sudah kami surati bupati dan wali kota supaya mereka hadir besok (Rabu, 9/1). Kami susul lagi dengan SMS (pesan singkat) untuk mengingatkan undangan yang kami kirimkan," kata Wakil Ketua Komisi I DPRD Sulawesi Tengah Ridwan Yalidjama di Palu, Selasa.

Lima kepala daerah yang sudah diundang tersebut adalah Bupati Sigi, Donggala, Morowali, Poso dan Wali Kota Palu.

"Acara besok (Rabu) jam 10.00 WITA. Kami tidak meminta konfirmasi lagi kehadiran mereka, yang jelas surat sudah mereka terima," kata Ridwan.

Dia mengatakan pertemuan kepala-kepala daerah tersebut penting untuk membahas penyelesaian aksi kekerasan dan konflik yang masih sering terjadi di wilayah tersebut.

Menurut Ridwan, penanganan aksi kekerasan dan konflik di Sulawesi Tengah tidak bisa dilakukan secara parsial karena ini terkait dengan Sulawesi Tengah secara keseluruhan.

"Beberapa agenda yang akan kita bahas termasuk aksi kelompok bersenjata di Poso dan beberapa pelanggaran hak asasi manusia," katanya.

Ridwan mengatakan inisiatif yang dilakukan DPRD Sulawesi Tengah itu diharapkan bisa menekan aksi-aksi kekerasan yang selama ini terjadi di sejumlah daerah.

Dia mengatakan, selain bupati/wali kota, DPRD juga mengundang pihak-pihak terkait seperti kepolisian, TNI dan Komisi Hak Asasi Manusia Perwakilan Sulawesi Tengah.

Kekerasan paling anyar belakangan ini adalah tewasnya warga dalam bentrok di Kabupaten Sigi, perkelahain pemuda di Kota Palu, kekerasan terhadap warga Poso oleh aparat kepolisian dalam penanganan penembakan polisi serta tewasnya lima polisi di Poso.(A055/SKD)