Inilah Ponsel dan Tablet Afrika Pertama

id tablet, ponsel, afrika

 Inilah Ponsel dan Tablet Afrika Pertama

Way-C buatan VMK Tech, tablet yang dibuat bersama ponsel Elikia, dua perangkat pertama buatan perusahaan Afrika. (VMK Tech)

Jakarta (antarasulteng.com) - Di antara pengumuman produk-produk baru dari perusahaan terkenal, sebuah kelompok insinyur asal Afrika menunjukkan sebuah tablet dan smartphone pertama buatannya.

Kelompok bernama VMK itu mengaku telah mengantongi hak cipta untuk nama smartphone dan tabletnya sebagai perangkat pertama Afrika yang dibuat khusus untuk orang-orang Afrika, menurut Phandroid dalam laporannya baru-baru ini.

Perangkat dimaksud, tablet Way-C dan ponsel pintar Elikia, memancarkan pengaruh Afrika melalui namanya. Way-C diartikan sebagai "cahaya bintang-bintang", sementara Elikia berarti "harapan" di Lingala.

Penamaan penting untuk menunjukkan kepada orang Afrika mengenai bangkitnya teknologi di tengah atmosfir stagnasi-teknologi negeri itu.

VMK dipimpin oleh pria berusia 27 tahun, Verone Mankou, sebagai desainer sejati untuk smartphone dan tablet dalam negeri pertama, meskipun banyak perusahaan yang berbasis di Afrika memereki dan menjual perangkat di sana.

Namun perusahaan-perusahaan di Afrika yang ada selama ini tidak berbuat apa pun dan hanya membubuhkan merek pada perangkat-perangkat yang dibuat oleh pihak ketiga berbasis ODM dari negera lain.

VMK mengatakan tujuan membuat ponsel dan tablet sendiri itu agar dapat dijangkau oleh sebagian besar konsumen di negaranya. Harga yang terjangkau dan menarik sangatlah penting di benua yang sebagian besar berada dalam kemiskinan seperti Afrika.

VMK tentu saja masih terlalu kecil untuk menangani manufaktur sendiri, beberapa outsourcing pun dilakukan. Manufakturnya dikerjakan di Asia, dan jika sudah cukup modal nanti tentu saja VMK akan membawa pekerjaan itu ke Afrika. (*)