Guardiola Tak Tergiur Uang

id guardiola, pelatih, muenchen, bola

Guardiola Tak Tergiur Uang

Pep Guardiola (REUTERS/Gustau Nacarino)

London (antarasulteng.com) - Uang bukanlah motivasi yang mendorong Pep Guardiola bersedia  menerima tawaran Bayern Munich, kata ketua klub dari Bundes Liga itu, Karl-Heinz Rummenigge.

Mantan pelatih Barcelona itu telah menandatangani kontrak selama tiga tahun untuk menjadi manajer baru Bayern di akhir musim kompetisi, sebagaimana dikutip dari laman BBC.

Pelatih berusia 41 tahun itu banyak dilirik oleh sejumlah klub papan atas, antara lain Chelsea dan Manchester City.

"Jika motivasinya semata-mata uang, Bayern tentu tidak punya kesempatan," kata Rummenigge.

"Saya kira ia tertarik dengan konsep kami secara keseluruhan. Tentu saja ia akan memperoleh bayaran di sini, meski faktor keuangan bukan faktor yang menentukan," katanya.

"Ia (Guardiola) terkesan dengan cara kami yang secara mandiri mengelola keuangan," katanya juga.

Guardiola akan menggantikan manajer Bayern Jupp Heynckes. Pelatih asal Spanyol mundur dari Barcelona musim lalu. Ia mampu merebut 14 trofi dalam empat musim kompetisi.

Ia memutuskan mengambil tahun istirahat (sabbatical) selama setahun, meski sejumlah klub di Eropa terus memburu mantan gelandang Barcelona itu.

Chelsea, Manchester United, Manchester City, AC Milan, Roma dan Paris St Germain diwartakan berminat mengontrak Guardiola.

Pekan lalu, ketika ia mengomentari spekulasi seputar kontraknya di Bayern, mantan gelandang timnas Spanyol itu menyatakan, "Kabar itu membuat saya merasa sedih. Saya sendiri tidak merasa senang jika harus kembali menjadi pelatih, apalagi bila klub itu telah merilis informasi padahal saya masih berada di sini."

Guardiola gantung sepatu pada November 2006, kemudian ia membesut Barcelona B pada 2007. Tugas itu hanya berlangsung setahun, setelah itu ia menggantikan Frank Rijkaard di Barcelona senior.

Di bawah komando Guardiola, bintang Barcelona melesat menjadi kekuatan sepak bola dunia, dengan dua gelar Liga Champions dan tiga gelar La Liga. Sejumlah nama pemain begitu bersinar di kancah bola sejagat, sebut saja Lionel Messi, Xavi dan Andres Iniesta.

Rummenigge mengatakan, "Ia pelatih dengan karisma hebat, ada para pemain akan suka bekerja bersama dia." (A024)