Korsel dan AS Latihan Perang Nuklir

id korea, AS, latihan, perang, nuklir

Korsel dan AS Latihan Perang Nuklir

Pabrik nuklir (reuters)

Seoul (antarasulteng.com) - Korea Selatan dan Amerika Serikat melakukan latihan angkatan laut bersama menggunakan kapal selam nuklir AS, Senin, menanggapi ketegangan yang meningkat di Semenanjung Korea menjelang uji coba nuklir ketiga Korea Utara.
        
Juru bicara Kementerian Pertahanan Korea Selatan Kim Min-seok membenarkan bahwa pihaknya melakukan latihan bersama dengan AS di Laut Timur (Laut Jepang) di bagian tenggara Pohang, Pelabuhan milik Korea Selatan.
        
Korea Utara menganggapnya sebagai reaksi berlebihan bahkan menyebutnya sebagai tindakan "gila perang". Di sisi lain, latihan tersebut akan menjadi rambu-rambu keamanan bagi Pyongyang.
        
Kapal Perang USS San Francisco yang dipersenjatai dengan peluru kendali Tomahawk digabungkan dengan kapal pelindung Aegis USS Shiloh.
        
"Pelatihan berupa penggunaan alat-alat, pelacakan serta pengintaian kapal selam, simulasi sejata antipesawat dan antikapal termasuk antirudal," kata pejabat militer Korsel itu.
        
Latihan tersebut dipicu oleh Korut yang berencana melakukan uji coba nuklir ketiga kalinya sebagai respon atas sanksi PBB terkait peluncuran roket pada Desember. (Ant/AFP)