Netanyahu-Raja Abdullah II Bahas Perdamaian Timur Tengah

id Netanyahu

Netanyahu-Raja Abdullah II Bahas Perdamaian Timur Tengah

PM Israel Benjamin Netanyahu. (FOTO ANTARA/REUTERS/Ronen Zvulun)

Jerusalem - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Raja Jordania Abdullah II bertemu di Jordania pekan lalu dan membahas proses perdamaian Timur Tengah, kata sumber diplomatik  kepada AFP, Sabtu.

"Pekan lalu, Netanyahu melakukan perjalanan ke Jordania dan bertemu Raja Abdullah II," kata sumber itu, yang berbicara dengan syarat tak disebutkan jatidirinya.

"Dalam pertemuan itu, mereka membahas proses perdamaian Timur Tengah."

Itu adalah perjalanan pertama Netanyahu ke luar negeri dan pertemuan pertama dengan kepala negara asing sejak pemilihan umum  Israel 22 Januari.

Pada  Desember, para pejabat Israel dikutip oleh media yang mengkonfirmasi laporan di satu harian Arab tentang pertemuan antara Netanyahu dan Raja Abdullah II di Yordania yang berfokus pada gudang senjata kimia Suriah.

Pembicaraan perdamaian antara Israel dan Palestina telah terhenti  sejak September 2010.

Jordan dan Kuartet Perdamaian  internasional mensponsori beberapa putaran pertemuan antara utusan dari masing-masing pihak tahun lalu namun tidak menghasilkan terobosan.

Palestina menuntut Israel menghentikan pembangunan permukiman di
Tepi Barat yang diduduki dan Jerusalem Timur sebelum dimulainya kembali perundingan, namun Israel menolak setiap prasyarat bagi pembicaraan.

Pembicaraan terbaru antara Netanyahu dan Abdullah II terjadi menjelang  kunjungan Presiden AS Barack Obama, yang mengumumkan ia akan berada di wilayah itu pada musim semi, dengan media Israel menyebutkan pada 20 Maret.

Gedung Putih telah mengecilkan spekulasi Obama akan menghadirkan prakarsa perdamaian baru selama kunjungannya itu, dan menekankan kunjungannya tidak mengagendakan terutama tantangan nuklir Iran  dan ancaman perang saudara yang akan  merobek Suriah. (Antara/AFP)