Minum Terlalu Banyak Air Juga Bahaya

id air, minum

Minum Terlalu Banyak Air Juga Bahaya

air minum (reuters)

Maka sebaiknya jangan meminum air lebih dari empat liter per 24 jam, karena kadar natrium bisa menurun,".
Jakarta (antarasulteng.com) - Pada dasarnya manusia dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi cairan namun terlalu banyak minum juga berbahaya bagi kondisi tubuh, ujar dokter spesialis penyakit dalam FKUI-RSCM, Dr.dr. Parlindungan Siregar SpPD.KGH.

"Minum terlalu banyak air bisa memicu hiponatremia, yaitu menurunnya kadar natrium dalam tubuh. Ini bisa berakibat fatal," kata Parlindungan dalam konferensi pers Hari Ginjal Sedunia di Jakarta, Rabu.

Parlindungan mengungkapkan, kekurangan natrium dalam tubuh yang terjadi secara lambat bisa menyebabkan penderita mudah mengantuk.

Bila terjadi secara cepat, kekurangan natrium bisa menyebabkan kematian.

Natrium atau sodium merupakan salah satu mineral penting bagi tubuh, sebagai penjaga kadar garam dalam darah.

Kekurangan natrium dalam tubuh dapat menyebabkan volume darah menurun sehingga tekanan darah menurun, namun denyut jantung meningkat tajam.

Natrium juga penting untuk penyerapan glukosa di dalam usus dan ginjal.

"Maka sebaiknya jangan meminum air lebih dari empat liter per 24 jam, karena kadar natrium bisa menurun. Selanjutnya, pada manula jangan konsumsi air lebih dari 1,5 liter per 24 jam," kata Parlindungan.

Kadar natrium dalam tubuh manula sudah mengalami pengurangan sehingga konsumsi air yang terlalu banyak bisa memperburuk kadar natrium dalam tubuh, imbuh Parlindungan. (M048)