20 Dokter Periksa Calon Bupati-Wabub Parimo

id pilkada, parigi, moutong

20 Dokter Periksa Calon Bupati-Wabub Parimo

Ilustrasi (ANTARA/Yusran Uccang)

Dua puluh dokter itu memiliki keahlian masing-masing seperti ahli jantung, ahli paru-paru, ahli penyakit dalam, ahli syaraf, ahli mata, serta ahli telinga, hidung dan tenggorokan."
Palu (antarasulteng.com) - Sebanyak 20 dokter yang tergabung dalam tim kesehatan independen Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memeriksa empat pasangan calon peserta Pemilihan Kepala Daerah Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, selama empat hari hingga Kamis (21/3).

Juru bicara tim kesehatan Ferry Baan di Palu, Selasa, mengatakan, tim dokter itu melakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap setiap pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Parigi Moutong di RSUD Undata Palu.

Dua puluh dokter itu memiliki keahlian masing-masing seperti ahli jantung, ahli paru-paru, ahli penyakit dalam, ahli syaraf, ahli mata, serta ahli telinga, hidung dan tenggorokan.

Pemeriksaan tersebut meliputi pemeriksaan jasmani dan rohani karena tugas kepala daerah sangat strategis dalam menentukan kebijakan sehingga kesehatannya harus benar-benar prima.

Dia mengatakan pelaksanaan tes kesehatan tersebut tanpa intervensi dari pihak manapun.

Hasilnya kemudian akan diserahkan kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah Parigi Moutong untuk dijadikan rekomendasi layak tidaknya empat calon tersebut bertarung di pemilihan kepala daerah (pilkada).

Pelaksanaan tes kesehatan itu dilaksanakan di Kota Palu yang berjarak 100 kilometer dari Kabupaten Parigi Moutong karena daerah ini tidak memiliki rumah sakit dengan peralatan lengkap.

Empat pasangan yang menyatakan siap bertarung di Pilkada Parigi Moutong adalah Syamsurizal Tombolotutu/Badrun Nggai, Muhammad Nur Rahmatu/Usman Yamin, Asgaf Yotto/Salmin Lodji, dan Taswin Borman/Kemal Toana.

Syamrizal Tombolotutu saat ini sedang menjabat Bupati Parigi Moutong didampingi Kemal Toana.

Duet petahana ini pecah kongsi karena masing-masing partai politik pengusung menganggap keduanya layak menjadi pemimpin Kabupaten Parigi Moutong pada periode 2013-2018.

Pemungutan suara Pilkada Parigi Moutong akan dilaksanakan pada pertengahan Juli 2013. Saat ini tahapan pilkada sedang memasuki pemeriksaan kesehatan. (R026)