Sabtu, 21 Oktober 2017

UI Siap Gelar "Wayang Goes To Campus"

id UI, wayang
UI Siap Gelar
FOTO ANTARA/Oky Lukmansyah
Depok, (antarasulteng.com) - Universitas Indonesia (UI), Komunitas Wayang UI, Iluni UI bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan Institut Seni Indonesia Surakarta menyelenggarakan acara "Wayang Goes to Campus".

"Rangkaian kegiatan Wayang Goes to Campus (WGTC) diantaranya pameran wayang, Gelar Wayang nusantara," kata Kepala Kantor Komunikasi Farida Haryoko, di kampus UI Depok, Senin.

Selain itu kata Farida juga gelar acara Sarasehan dengan topik "Wayang dalam Konteks Ekonomi Kreatif¿ dan ¿Wayang dan Ketahanan Budaya", yang akan dibuka dengan keynote speech dari Gubernur Lemhanas RI Prof. Budi Susilo Soepandji.

Ia mengatakan sebelum mengegelar acara pihaknya akan menjelaskan kegiatan tersebut dalam konferensi pers pada Selasa (2/4) dengan pembicara Pjs Rektor UI sekaligus Dirjen Dikti Kemendikbud RI Prof. Djoko Santoso, Ketua Komunitas Wayang UI Prof. Dr. Sarlito W. Sarwono, Rektor ISI Surakarta Prof. Slamet Suparno, MS dan Ketua Panitia WGTC Dwi Woro Retno Mastuti, M.Hum.

Menurut dia seni wayang merupakan salah satu media komunikasi serta media pembelajaran dan pembentukan karakter. Nilai-nilai seni wayang yang sejalan dengan nilai kepribadian bangsa perlu didukung oleh kegiatan pendidikan yang berfokus pada seni wayang.

Ia berharap dengan mendekatkan wayang ke lingkungan kampus, dapat mengingatkan kita akan pentingnya pembinaan budi pekerti bagi generasi bangsa. Sebab membangun budi pekerti tidak akan lepas dari proses meningkatkan kecerdasan, baik kecerdasan intuisi, perasaan, emosi, nalar maupun naluri.

"Nilai-nilai yang diajarkan dalam wayang sejalan dengan nilai-nilai untuk membentuk Indonesia menjadi negara yang mengagungkan nilai moral dan agama, yang mampu membedakan baik dan buruk, menghargai hak asasi manusia serta kecintaan terhadap negara," katanya.

Editor: Santoso

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Baca Juga