Indonesia Tampilkan Tarian Tradisonal di Siberia

id tarian, tradisional

Indonesia Tampilkan Tarian Tradisonal di Siberia

Ilustrasi-Tarian Bali (ANTARANews)

Persembahan kesenian tarian nusantara memukau dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung pameran pariwisata SIT
Jakarta (antarasulteng.com) - Indonesia yang diwakili Kedutaan Besar Republik Indonesia di Moskow menampilkan sejumlah tarian tradisional pada pameran pariwisata "Siberian International Travel and Tourisme" (SITT) di Novosibirsk, Federasi Rusia, 11--13 April 2013.

"Persembahan kesenian tarian nusantara memukau dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung pameran pariwisata SITT," demikian siaran pers KBRI Moskow yang diterima di Jakarta, Jumat.

Selama pameran berlangsung KBRI Moskow mendirikan anjungan `Nusantara` serta menampilkan keindahan tari Legong Bali, tari Yapong Betawi, tari Bajidor Sunda dan Panji Semirang Bali.

Tari Legong Bali pun menjadi tarian pembuka pameran dimaksud.

Pameran SITT Novosibirsk merupakan ajang promosi pariwisata terbesar diwilayah Siberia dan Timur Russia saat ini, dikuti sekitar 200 peserta swasta dan badan promosi pariwisata daerah Rusia dan sekitar Negara-negara peserta, industri pariwisata serta stake holder terkait sektor wisata di Rusia dan manca negara.

Anjungan Indonesia menyediaan beragam informasi cetak dan visual serta pelaku bisnis nasional.

"Partisipasi Indonesia yang untuk pertama kali pada tahun ini diharapkan menjadi sarana pembuka bagi dunia pariwisata nasional untuk lebih bergairah dalam memperkenalkan tujuan-tujuan wisata nasional kepada para warga Rusia di Novosibirsk, kawasan Siberia dan Timur Rusia," kata Duta Besar RI Moksow Djauhari Oratmangun.

Dia menyatakan masih banyak destinasi wisata lainnya di Indonesia selain Bali dan dengan karakteristik dan keindahan masing-masing.

Dengan meningkatnya kunjungan wisatawan Rusia ke Indonesia yang pada tahun 2012 telah mencapai 95 ribu orang, dan dengan ekspektasi capaian 110 ribu orang untuk tahun 2013, maka melalui keikutsertaan Indonesia di pameran Novosibirsk akan semakin meningkatkan kerjasama pariwisata dan budaya bilateral kedua negara

Dalam kesempatan tersebut Wakil Gubernur Novosibirsk Ksenzov membuka secara resmi pameran pariwisata SITT serta berkesempatan mengunjungi anjungan Indonesia.

Kota Novosibirsk sebagai kota terbesar ketiga di Federasi Rusia setelah Moskow dan St. Petersburg terus berkembang menjadi kota bisnis dan wisata, dimana tingkat kesejahteraan masyarakat Novosibirsk dan wilayah sekitarnya terus berkembang dan semakin menunjukkan peningkatan wisatawan untuk berwisata guna melihat tempat-tempat wisata di luar negeri.

Khusus kunjungan ke Indonesia, saat ini wisatawan Rusia, yang berasal dari Novosibirsk, wilayah Siberia dan Timur Rusia, menganggap Bali dan Lombok merupakan salah satu tujuan wisata terfavorit.

Novosibirsk juga secara reguler menyediakan penerbangan khusus ke Bali, dimana permintaan akan hal tersebut terus meningkat.

Wisatawan Rusia yang melalui bandara Tolmachenko Novosibirsk, khususnya ke Denpasar menunjukkan peningkatan yang signifikan dimana pada tahun 2012 berjumlah diatas delapan ribu orang.(SKD)