Pemkot Akan Atur Kembali Jalur Kontainer

id kontainer

Pemkot Akan Atur Kembali Jalur Kontainer

Ilustrasi-Kontainer (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah akan mengatur kembali jalur angkutan barang berupa kontainer mengingat setiap tahun kendaraan di kota itu terus mengalami kepadatan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Palu Ajenkris, di Palu, Kamis, mengatakan pengaturan itu dilakukan agar lalu lintas di dalam kota tertib mengingat Kota Palu sedang mengalami pertumbuhan.

"Khusus untuk jalur kontainer nanti tidak boleh lagi masuk di jalan-jalan sekunder," kata Ajenkris.

Dia mengatakan untuk jalur kontainer nanti akan menggunakan jalur lingkar Kota Palu sehingga tidak ada lagi kontainer yang parkir di tengah kota.

Selain jalur, Dinas Perhubungan juga akan mengatur jam masuknya kontainer sehingga tidak mengganggu aktivitas transportasi dalam kota pada jam tertentu.

"Nanti boleh masuk kalau malam. Malam Minggu tidak boleh. Ini nanti akan kami bicarakan lagi dengan semua pihak," katanya.

Dia mengatakan nantinya tidak ada lagi kontainer yang parkir di jalan. Setiap kontainer yang masuk harus langsung ke gudang.

"Kalau ada pelanggaran akan kita tindaki," katanya.

Ajenkris mengatakan pemerintah daerah memiliki kewenangan untuk mengatur kendaraan khususnya kendaraan di atas roda empat.

Dia mengatakan nanti akan diatur regulasinya sehingga perbaikan jalur di Kota Palu akan semakin baik dan menekan terjadinya kemacetan lalu lintas.

Ajenkris mengatakan untuk menerapkan rencana tersebut dirinya akan mengundang seluruh perusahaan ekspedisi kontainer.

"Perusahaan kontainer itu paling banyak 10 sehingga tidak terlalu silit untuk koordinasi," katanya.

Dia mengatakan Dinas Perhubungan juga akan melakukan koordinasi dengan pelabuhan tempat berlabuhnya kapal pengangkut kontainer.(SKD)