Sriwijaya FC Kalahkan Persisam 2-1

id sepak bola

Sriwijaya FC Kalahkan Persisam 2-1

Palembang, (Antarsulteng.com)- Sriwijaya Football Club berhasil mengalahkan Persiram Raja Ampat dengan skor 2-1 pada pertandingan lanjutan Liga Super Indonesia 2013 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Minggu sore.

Tim tuan rumah Sriwijaya FC langsung melancarkan permainan menyerang saat menjamu Persiram Raja Ampat di hadapan belasan ribu pendukungnya.

Pada menit 5, justru pemain Persiram James Koko Lomes berhasil lolos dari pengawalan dan melepaskan tendangan terukur ke arah gawang, namun masih dapat diamankan penjaga gawang Ferry Rotinsulu.    

"Laskar Wong Kito", julukan Sriwijaya FC, mengejutkan sektor belakang lawan pada menit 10 melalui penyerang andalannya, Eddy Boakay Foday. Akan tetapi, tendangan spekulasi pemain berasal dari Liberia itu terlalu melebar dari tiang gawang.

Hingga pertengahan babak kedua, tim tuan rumah belum menemukan irama permainan terbaiknya. Justru Persiram yang lebih banyak melakukan tekanan.

Namun, kejelian Rhamdani Lestaluhu membaca peluang pada menit 23 memecahkan kebuntuan gol. Pemain depan Sriwijaya FC itu melancarkan tendangan salto menyambut umpan tendangan sudut Erick Weeks, setelah sebelumnya terjadi kemelut di mulut gawang.

Pemain Persiram sempat protes ke wasit karena mereka menilai terjadi pelanggaran sebelum Rhamdani melepaskan tendangan. Tim berasal dari Papua itu sempat tidak mau melanjutkan pertandingan, namun penjelasan wasit berhasil menurunkan ketegangan dalam pertandingan itu. Sriwijaya FC pun unggul 1-0 atas Persiram.

Wasit merogoh kartu kuning pada menit 35 untuk Lee (Persiram) karena menginjak kaki Erik Weeks. Sriwijaya FC kembali menambah keunggulan menjadi 2-0 pada menit 36 melalui tendangan bebas di luar kotak penalti Erick Weeks.

Hingga penambahan waktu tiga menit, skor tetap tidak berubah hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Persiram meningkatkan irama permainan untuk mengejar ketertinggalan. Namun, lemahnya koordinasi memudahkan barisan belakang SFC dengan komando Abdul Rahman untuk melancarkan antisipasi.

Pada menit 55, pelatih Sriwijaya FC Kas Hartadi memasukkan Diego Michels menggantikan Dzumafo, sedangkan tiga menit sebelumnya, pelatih Jaya Hartano memasukkan Moses Bango menggantikan Elton Mara.

Pada menit 64, Sriwijaya FC nyaris menambah keunggulan melalui Ramdhani yang menyusur dari lini kedua memanfaatkan serangan balik cepat setelah menerima umpan Foday. Namun, sepakannya masih lemah dan terbaca oleh kiper.

Penjaga gawang Sriwijaya FC Ferry terpaksa ditarik keluar lapangan karena cedera setelah beberapa kali mengalami benturan dengan pemain Persiram dan digantikan Rivky Mokodompit.

Upaya Persiram membongkar pertahanan tuan rumah akhirnya berhasil pada menit 75 melalui James Koko Lomel yang menerima umpan dari Gideon. Kedudukan pun berakhir dengan skor 2-1 untuk Sriwijaya FC.

"Memang tim kami kalah tapi secara permainan lebih baik dari Sriwijaya FC. Tim hanya kecolongan babak pertama," kata pelatih Persiram Jaya Hartono.

Pelatih Sriwijaya FC Kas Hartadi membenarkan permainan tim tamu lebih baik daripada tim asuhannya.

"Hari ini Persiram bermain sangat baik. Namun, instruksi untuk menekan sejak babak pertama bisa dijalankan pemain sehingga berbuah dua gol," kata Kas.

Susunan pemain Sriwijaya FC, penjaga gawang Ferry Rotinsulu (Rivky Mokodompit menit 71), pemain belakang Fandy Muchtar, Lee Dong Won, Abdul Rahman, Mahyadi Panggabean, pemain tengah Dodok Anang, Eddy Foday Boakay, Erick Weeks, Tantan, pemain depan Ramdhani Lestaluhu (Khoirul Huda menit 88), Herman Dzumafo (Diego Michels menit 55), dan pelatih Kas Hartadi.

Susunan pemain Persiram Rajaampat, penjaga gawang Jendri Pitoy, pemain belakang Kuba Q, Seme Pierre (kapten), Ronny Beroparay, Stevie Bon Savia, pemain tengah Imanuel Padwa, Gideon, Elthon Maran (Moses Bango menit 52), James Koko Lomel, pemain depan  Lee S.Y., Fran Sauyaj, dan pelatih Jaya Hartono.(KR-DLY)