Senin, 24 April 2017

Pemprov Sulteng Jamin Ketersediaan Sembako Hadapi Ramadhan

id sembako, pemprov
Pemprov Sulteng Jamin Ketersediaan Sembako Hadapi Ramadhan
ilustrasi (antara)
Palu, (Antarsulteng.com) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menjamin ketersediaan sembilan bahan pokok (sembako) menghadapi bulan Ramadhan 2013 untuk mencukupi kebutuhan masyarakat di daerah itu.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Sulteng Toni Muhammad di Palu, Senin, mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir akan ketersediaan sembako dan keperluan rumah tangga lainnya karena pemerintah terus menjaga kelancaran pengadaan dan pendistribusianya.

Ia mengatakan hingga kini pengadaan maupun distribusi sembako di Sulteng berjalan lancar.

Demikian halnya dengan harga sembako di pasar sampai saat ini relatif stabil dan terkendali.

Stok yang ada di tingkat distributor maupun pengecer di seluruh kabupaten dan kota di Sulteng, termasuk di Palu cukup memadai.

Pemerintah melalui dinas terkait di setiap daerah di Sulteng tetap memantau perkembangan stok maupun harga serta berupaya menstabilkan jika terjadi gejolak harga yang melebihi batas toleransi.

Menurut dia, menghadapi bulan Ramadhan dan Lebaran 2013, pemerintah telah mengantisipasinya dengan meminta kepada para distributor untuk menyediakan stok dalam jumlah memadai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang dipastikan meningkat.

Pemerintah bersama distributor telah sepakat untuk mengamankan stok dan harga menjelang puasa dan juga lebaran.

Stok beras dikuasai Bulog Sulteng saat ini mencapai 21.000 ton, gula dan tepung terigu dikuasai distributor masing-masing sekitar 10.000 ton.

Harga beras di Pasar Masomba Palu untuk jenis medium berkisar Rp7.500,00 sampai Rp8.000,00 per kilogram. Sementara beras kualitas premium berkisar Rp8.000,00 sampai Rp10.000,00 per kilogram sesuai jenis dan kualitasnya.

Minyak goreng bimoli Rp13.000,00 per kilogram, gula pasir Rp12.000,00 per kilogram dan daging sapi Rp75.000,00 per kilogram. (BK03)

Editor: Anas Masa

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Baca Juga