Media Online Sumber Informasi Jurnalis

id media, online, jurnalis

Media Online Sumber Informasi Jurnalis

(ANTARA News/Lukisatrio)

Jakarta (antarasulteng.com) - Survei kerja sama antara perusahaan konsultan komunikasi Maverick dan Universitas Paramadina terhadap ratusan jurnalis Indonesia menemukan bahwa sumber utama informasi adalah media online.

"Indonesian Journalist Technographics Report merupakan laporan hasil survey dan wawancara yang sudah dilakukan sejak 2011," kata Technical Advisor Maverick Ong Hock Chuan di Jakarta, Selasa.

Ong memaparkan bahwa survei tersebut dilakukan terhadap 363 jurnalis dari delapan wilayah di Indonesia untuk mengetahui pola penggunaan media sosial baik di kalangan jurnalis maupun organisasi media.

Ia juga mengemukakan bahwa survei itu menunjukkan bahwa sebanyak 54 persen jurnalis memilih media online sebagai sumber informasi, jauh mengungguli jenis-jenis media lainnya.

Setelah itu, sumber informasi lainnya yang dipilih oleh jurnalis adalah media cetak sebanyak 29 persen, sedangkan yang sangat sedikit dipilih jurnalis adalah televisi dan radio.

"Survei berkisar juga tentang pola pencarian informasi dan peranan social media dalam memengaruhi pemberitaan," kata Ong Hock Chuan.