Dua Juta Pengguna Ponsel di Korea Utara

id ponsel, korea utara

Dua Juta Pengguna Ponsel di Korea Utara

(FOTO ANTARA/Mohamad Hamzah)

Satu dari setiap 12 warga Korut menggunakan layanan telepon nirkabel itu.
Seoul (antarasulteng.com) - Jumlah pemilik telepon seluler di Korea Utara melampaui dua juta, demikian disampaikan Radio Free Asia, Jumat, yang menunjukkan bahwa satu dari setiap 12 warga Korut menggunakan layanan telepon nirkabel itu.

Radio Free Asia, yang berbasis di Washington, melaporkan informasi itu, mengutip pernyataan Naguib Sawiris, Ketua Orascom Telecom Holding, yang disiarkan pada Rabu.

Jumlah pengguna telepon selular itu terdiri atas sekitar 100.000 orang pada 2009 dan 500.000 pada pertengahan 2011 sebelum melompat ke satu juta pada Februari 2012 dan 1,5 juta pada November pada tahun yang sama.

Perusahaan Mesir tersebut saat ini menyediakan layanan nirkabel generasi ketiga yang meliputi 15 kota besar Korea Utara, termasuk Pyongyang, serta 100 kota lain yang lebih kecil di negara komunis dengan penduduk sekitar 24 juta itu.

Pada tahun 2008, Orascom mendirikan perusahaan patungan, Koryolink, dengan Korea Utara yang dikelola oleh perusahaan negara Korea Post and Telecommunications Corp, demikian laporan Yonhap.