Yogyakarta (antarasulteng.com) - Balai Yasa Yogyakarta menargetkan perbaikan dan pemeliharaan lokomotif menjelang Lebaran 2013 sudah bisa selesai akhir Juli sehingga selama arus mudik teknisinya bisa diperbantukan ke berbagai depo untuk mengantisipasi kerusakan lokomotif angkutan Lebaran.

"Pada 30 Juli, proses perbaikan dan perawatan lokomotif sudah harus selesai sehingga seluruh teknisi dari Balai Yasa Yogyakarta dapat diperbantukan di berbagai depo mengantisipasi apabila ada kerusakan lokomotif atau kereta selama Angkutan Lebaran 2013," kata Kepala Balai Yasa Yogyakarta John Roberto di Yogyakarta, Minggu.

Menurut dia, jumlah lokomotif yang telah menjalani perawatan dan perbaikan di Balai Yasa Yogyakarta hingga akhir Juli ditargetkan mencapai 70 unit.

"Seluruh lokomotif tersebut sudah siap digunakan mendukung pelaksanaan Angkutan Lebaran 2013 yang akan dimulai pada 1 Agustus hingga 18 Agustus," katanya.

Ia mengatakan, perawatan terhadap lokomotif merupakan kegiatan rutin yang harus dilakukan untuk menjaga agar setiap lokomotif yang dijalankan dalam kondisi baik karena sekitar 40 persen dari lokomotif yang dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia sudah berusia tua.

"Ada yang buatan 1977. Sehingga saat ini usianya sudah mencapai 36 tahun," katanya.