Senin, 27 Maret 2017

Wirausahawan dan inovator Australia diimbau ikut pecahkan masalah kelangkaan air global

id Wirausahawan dan inovator Australia
AsiaNet 67800

SYDNEY, Australia, 15 Maret 2017 (Antara/Medianet International-AsiaNet) --

Dengan menggandeng Tata Group dan Australian Aid (inovationXchange, DFAT iXc yang bernaung di bawah Departemen Luar Negeri dan Perdagangan), XPRIZE - pemimpin dunia dalam mendesain dan mengoperasikan kompetisi insentif masif guna memecahkan tantangan terbesar dalam kemanusiaan - mengumumkan peluncuran Water Abundance XPRIZE (http://water.xprize.org/), kompetisi global senilai US$1,75 juta yang bertujuan mengatasi kelangkaan air global. Hadiah ini akan mendorong tim untuk berkompetisi dan mengembangkan teknologi baru yang hemat energi guna mengambil air tawar dari udara.

Kompetisi ini, yang melahirkan solusi terobosan atas krisis air global, mengimbau tim dari seluruh dunia untuk menciptakan alat yang menyuling minimal 2.000 liter air per hari dari udara dengan menggunakan energi yang sepenuhnya terbarukan, dengan harga tak lebih dari dua sen per liter. Tujuan Water Abundance XPRIZE adalah untuk menyediakan air, sehingga rakyat bisa memperoleh air tawar kapanpun dan dimanapun mereka membutuhkannya.

"Dengan dua pertiga dari penduduk global sulit memperoleh air, tidak pernah ada masa yang lebih krusial untuk tidak hanya memikirkan kembali metode konsumsi air kita tapi juga menemukannya kembali," kata Zenia Tata, Executive Director Global Expansion XPRIZE. "Warga Australia dan penduduk di kawasan Asia Pasifik telah lama memerangi unsur iklim, dan kami percaya ada negara lain di dunia dengan keahlian yang sama dalam mengidentifikasi pendekatan inovatif untuk memperoleh dan mendistribusikan air tawar ke daerah-daerah yang sebelumnya diduga tak bisa diakses."
    
Dalam rilis pers baru-baru ini (http://foreignminister.gov.au/releases/Pages/2017/jb_mr_170129.aspx), Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop mendorong inovator di kawasan Indo-Pasifik untuk mengikuti Water Abundance XPRIZE dalam lawatan ke Kantor Pusat XPRIZE di Los Angeles. Water Abundance XPRIZE mengandalkan banyak partisipasi dari tim di kawasan ini, khususnya mengingat pengalaman mereka tinggal dan bekerja dalam iklim yang tak kenal ampun dan sulit diprediksi.

Ilmuwan, agen perubahan sosial, insinyur, akademisi, wirausahawan dan pemikir kreatif lain didorong untuk berkompetisi sebagai tim atau individu. XPRIZE menyambut inovator dari seluruh dunia, disiplin ilmu dan lapisan masyarakat.

Pendaftaran tim untuk kompetisi dua tahun Water Abundance XPRIZE ditutup pada Jumat, 28 April 2017.

Water Abundance XPRIZE merupakan event pertama XPRIZE yang menggandeng pemerintah Australia, dengan mengisyaratkan maksud XPRIZE untuk menjalin hubungan erat di seluruh Australia dan kawasan Indo-Pasifik.

Untuk informasi selengkapnya atau untuk berpartisipasi, kunjungi: http://www.xprize.org dan http://water.xprize.org/

SELESAI

Untuk informasi selengkapnya, silakan kontak:
Kevin Daly / Anna Charisiou
Porter Novelli Melbourne
+61 3 9289 9555
kdaly@porternovelli.com.au / acharisiou@porternovelli.com.au


TENTANG XPRIZE
XPRIZE Foundation adalah organisasi nirlaba resmi AS, sekaligus pemimpin global dalam mendesain dan melaksanakan model kompetisi inovatif guna memecahkan tantangan terbesar dunia. XPRIZE memanfaatkan kombinasi unik gamifikasi, sumber daya kerumunan (crowd-sourcing), teori hadiah insentif, dan teknologi eksponensial sebagai suatu formula untuk membuat dampak 10x (vs. 10%) dalam domain tantangan terbesar yang dihadapi dunia kita. Filosofi XPRIZE adalah - dalam situasi yang tepat - memicu percobaan pesat dari kacamata yang berbeda merupakan metode yang paling efisien dan efektif guna mendorong dampak eksponensial dan solusi atas tantangan besar. Kompetisi aktif mencakup Google Lunar XPRIZE senilai $30 juta, NRG COSIA Carbon XPRIZE senilai $20 juta, Global Learning XPRIZE senilai $15 juta, Qualcomm Tricorder XPRIZE senilai $10 juta, Shell Ocean Discovery XPRIZE senilai $7 juta, Barbara Bush Foundation Adult Literacy XPRIZE senilai $7 juta, IBM Watson AI XPRIZE senilai $5 juta, Water Abundance XPRIZE senilai $1,75 juta dan Anu and Naveen Jain Women's Safety XPRIZE senilai $1 juta. Untuk informasi selengkapnya, kunjungi http://www.xprize.org/.

SUMBER: XPRIZE

COPYRIGHT © ANTARA 2017